Jumat, 06 April 2012

Webmaster Guidelines


Ingin tahu bagaimana caranya menjadi seorang webmaster yang sesungguhnya?
Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa guidelines untuk menjadi seorang webmaster Google dan Yahoo!
Happy reading, teman-teman!!!


Google Webmaster Guidelines
Saat situsmu sudah siap, submit ke Google di http://www.google.com/submityourcontent/  lalu kirim peta situs (sitemap) menggunakan Google Webmaster Tools untuk mempelajari tentang struktur situsmu dan untuk memperluas cakupan Google dari halaman webmu serta pastikan semua situs yang ingin mengetahui laman kamu dapat mengetahui atau terhadap keberadaan situs yang kamu miliki.

Desain dan isi pedoman
  • Buatlah situs dengan hierarki dan text link yang jelas. Setiap laman harus dapat dicapai dari setidaknya satu text link yang statis.
  • Tawarkan peta situs kepada pengguna situsmu dengan link yang menunjuk ke bagian penting dari situsmu.
  • Buatlah situs yang berguna, kaya informasi, dan tulislah laman yang dapat menjelaskan konten yang kamu miliki secara jelas dan akurat.
  • Pikirkan kata kunci apa yang digunakan oleh para pengguna untuk dapat menemukan lamanmu, pastikan bahwa situsmu benar-benar mengandung kata-kata tersebut di dalamnya.
  • Cobalah untuk menggunakan teks daripada gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link yang penting. Hal ini dikarenakan Crawler Google tidak mengenali teks yang terdapat dalam gambar. Jika kamu harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkanlah untuk menggunakan atribut “ALT” untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif.
  • Pastikan bahwa elemen <title>mu dan atribut ALT yang kamu gunakan deskriptif dan akurat.
  • Periksa link yang rusak dan gunakan HTML yang benar.
Petunjuk Teknis
  • Gunakan text browser, misalnya Lynx untuk memeriksa situs kamu.
  • Pastikan server web kamu mendukung If-Modified-Since HTTP header. Fitur ini memperbolehkan server web kamu untuk memberitahu Google, apakah konten kamu telah berubah saat Google terakhir kali meng-crawl situs kamu. Menggunakan fitur ini dapat menghemat bandwith dan overhead.
  • Gunakanlah file robots.txt pada server web kamu.
  • Lakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari.
  • Gunakan robots.txt untuk menghindari crawling dari hasil pencarian atau halaman otomatis yang tidak menambah nilai bagi pengguna yang berasal dari mesin pencari.
  • Uji situs kamu untuk memastikan bahwa situs kamu tampil secara tepat pada berbagai browser.
  • Pantau kinerja situs kamu dan optimalkan waktu pemuatan.
Kualitas pedoman – prinsip dasar
  • Buat halaman yang ditujukan terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari.
  • Hindari penggunaan trik yang dimaksudkan untuk mendongkrak peringkat mesin pencari.
  • Jangan berpartisipasi dalam skema tautan yang dirancang untuk meningkatkan peringkat situs kamu atau PageRank. Khususnya, hindari tautan yang menuju pada spammer atau “bad neighborhoods” pada web, karena peringkat kamu akan dirugikan oleh tautan tersebut.
  • Jangan gunakan program komputer yang tidak sah untuk menyampaikan laman, mengecek peringkat, dll.


Yahoo! Webmaster Guidelines
Prinsip-prinsip SEO (Search Engine Optimizer) Bing
  • Kembangkan konten yang orisinal dan prima (termasuk kata kunci yang diterapkan dengan baik) serta ditujukan langsung pada pengguna kamu.
  • Gunakanlah kode yang tersusun dengan baik dalam halaman web kamu (termasuk gambar dan Sitemaps) sehingga para pengguna browser dan crawler mesin pencari dapat membaca konten yang kamu inginkan untuk diindeks.
  • Dapatkan beberapa authoritative inbound links yang berkualitas.
Konten kunci dan alat-alat untuk melakukan SEO melalui Bing
  • Tinjaulah dokumen pedoman untuk pengindeksan Bing yang sukses dan resmi untuk berbagai rekomendasi teknikal dan masalah konten, atau yang dikenal sebagai masalah yang dapat mempengaruhi peringkat situs kamu.
  • Kunjungi Webmaster Center blog untuk mendapatkan informasi terbaru dari tim Bing (kamu dapat berlangganan RSS feed blog Bing untuk mengotomatisasi proses ini).
  • Daftarkan semua website kamu dengan Bing Webmaster Center tools, dimana kamu dapat menggunakan peralatan Bing untuk melihat segala macam data ke website kamu yang berhubungan dengan webmaster.
  • Ikut serta dalam forum pengguna Webmaster Center untuk bertanya dan memberi umpan balik.
Pedoman kualitas konten
Halaman yang ingin dicantumkan oleh Yahoo! dalam indeks, antara lain:
  • Konten yang bernilai orisinal dan unik.
  • Halaman web yang dirancang terutama untuk manusia (para pengguna), dengan pertimbangan untuk mesin pencari pada posisi kedua.
  • Hyperlinks ditujukan untuk membantu pengguna menemukan konten yang menarik dan berhubungan saat digunakan.
  • Metadata (termasuk judul dan deskripsi) yang mendeskripsikan secara akurat konten dari halaman web.
  • Desain web yang menarik secara umum.
Beberapa, namun tidak semuanya, contoh dari tipe-tipe konten yang tidak ingin dicantumkan oleh Yahoo!:
  • Halaman yang mengganggu keakuratan, keragaman, maupun relevansi hasil pencarian.
  • Halaman yang dirancang untuk mengarahkan pengguna ke halaman lain (doorway pages).
  • Beberapa situs atau halaman yang menawarkan secara substansial konten yang sama.
  • Situs dengan banyak hostnames yang tidak perlu.
  • Halaman yang dihasilkan dalam jumlah besar, dimana secara otomatis tercipta atau mempunyai nilai (tambah) yang kecil (cookie cutter pages).
  • Halaman yang menggunakan metode untuk menggelembungkan peringkat mesin pencari secara artifisial.
  • Penggunaan teks atau tautan yang tidak terlihat oleh pengguna.
  • Halaman yang memperlihatkan konten yang berbeda pada mesin pencari dan yang dilihat oleh pengguna (cloaking).
  • Situs yang saling berkaitan dengan situs lain untuk menggelembungkan popularitas suatu situs (skema tautan).
  • Halaman yang dibuat terutama untuk mesin pencari atau halaman dengan kata kunci di luar topik atau berlebihan.
  • Penyalahgunaan nama kompetitor.
  • Beberapa situs yang menampilkan konten yang sama.
  • Situs yang menggunakan pop-up secara berlebihan sehingga mengganggu navigasi pengguna.
  • Halaman yang kurang bermanfaat pengalaman bagi pengguna.
Jika kamu masih merasa penasaran, kamu dapat mengunjungi blog nanang suryadi ini. Artikel-artikel yang ada di sana mungkin dapat mengobati rasa keingintahuanmu.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar