Kini, berbagai negara di seluruh
penjuru dunia tengah berjalan memasuki suatu era baru yang disebut era
globalisasi. Era globalisasi merupakan suatu era di mana batas-batas geografi antarnegara
tidak lagi menjadi hambatan dalam proses komunikasi dan interaksi
antarindividu. Hal ini semakin nyata terjadi apabila kita kaitkan dengan adanya
internet. Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Internet ialah suatu sistem global
dari seluruh jaringan komputer yang dihubungkan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk
melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya internet ini tentu
akan semakin memudahkan proses “globalisasi” di dunia.
Semenjak
awal kemunculannya pada tahun 1969 sebagai proyek ARPANET Departemen Pertahanan
Amerika Serikat, internet telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak
terkecuali di Indonesia. Bahkan di Indonesia, penetrasi PC dan teknologi internet
sudah berlangsung cukup lama. Sehingga internet tidak lagi dianggap sebagai
suatu hal yang eksklusif. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya masyarakat dalam
mengakses internet. Terlebih lagi dengan adanya berbagai layanan akses internet
dengan harga yang cukup terjangkau yang disediakan oleh berbagai operator
telepon seluler. Walaupun di sisi lain, masih ada operator yang kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan
ada operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar pengguna internet
membayar lebih mahal. Namun, berbagai masalah tersebut tidak dapat menutupi fakta
bahwa perkembangan internet di Indonesia telah semakin pesat dari waktu ke
waktu.
Pesatnya perkembangan
internet di Indonesia dapat dibuktikan dengan hasil dari berbagai survei yang
telah dilakukan oleh berbagai lembaga survei, baik dalam skala nasional maupun
internasional. Menurut data terbaru dari situs internetworldstats
Indonesia menempati peringkat 11 dengan total penduduk kurang lebih 245,6 juta
dengan 39,6 juta yang menjadi pengguna internet. Angka ini tentu merupakan
angka yang cukup besar bagi negara kita. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa
tidak keseluruhan pengguna internet tersebut memanfaatkan internet dengan bijak
dan pintar. Hal ini dikarenakan masih kerap terjadi berbagai kejahatan di dunia
maya (cybercrime). Misalnya pernah
kita dengar berbagai kasus penculikan yang berawal dari situs jejaring sosial, tindak
penipuan, hacking dan cracking, perjudian melalui dunia maya,
pelanggaran hak cipta, maupun berbagai situs yang “menjajakan” pornografi. Tingginya
angka pengguna internet di Indonesia tersebut tentu akan semakin bernilai
ketika para pengguna internet dapat memanfaatkan internet dengan bijak.
Sementara itu, tak lengkap rasanya apabila
kita membicarakan perkembangan internet di Indonesia pada tahun 2012 tanpa
mengupas mengenai fenomena situs jejaring sosial yang
semakin marak beberapa tahun belakangan. Bahkan tak menutup kemungkinan fenomena
ini masih akan terus mewabah hingga beberapa tahun ke depan. Masyarakat Indonesia
yang pada dasarnya dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan responsif memiliki
kecenderungan untuk memanfaatkan berbagai situs jejaring sosial tersebut
sebagai wadah ekspresi dan aktualisasi diri mereka. Hal ini dapat
dibuktikan dari hasil laporan resmi Facebook dari tahun ke tahun,
dimana jumlah pengguna Facebook
mengalami peningkatan sebesar 200 hingga 250 juta per tahunnya. 750 juta
pengguna pada Februari 2011 meningkat menjadi 845 juta pada bulan Februari
2012. Dari jumlah tersebut, jumlah pengguna Facebook
dari Indonesia sendiri mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sejak Januari
2012 dengan jumlah pengguna 41.777.240.
Bahkan ke depan pengguna Facebook
Indonesia masih akan terus bertambah seiring dengan harga smartphone
yang semakin terjangkau dan pertumbuhan pengguna internet yang semakin
meningkat dari waktu ke waktu. Seperti yang diberitakan Kompas.com
pada 28 Oktober yang lalu bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2011
sudah mencapai 55 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta.
Dari jumlah tersebut 29 juta diantaranya adalah mobile internet user.
Berbicara mengenai situs jejaring
sosial, tentu kita akan teringat dengan twitter.
Twitter merupakan situs jejaring
sosial yang tengah hot di masyarakat
Indonesia saat ini. Kini, kicauan-kicauan masyarakat Indonesia semakin nyaring
terdengar gaungnya. Bahkan tak jarang kata kunci (keyword) yang berasal dari Indonesia menjadi trending topic secara global. Tentu, kita semua penasaran mengapa
hal tersebut bisa terjadi?
Hasil survei berikut ini mungkin
dapat sedikit menjawab rasa penasaran kita semua. Berdasarkan penelitian
Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Perancis, jumlah
pemilik akun twitter di Indonesia
merupakan yang terbesar kelima di dunia. Indonesia berada di posisi kelima
dnegan jumlah akun 19,5 juta. Posisi pertama ditempati oleh Amerika Serikat
dengan 107,7 juta, posisi kedua diraih oleh Brazil dengan 33,3 juta, sedangkan
posisi ketiga dan keempat berturut-turut diduduki oleh Jepang dan Inggris Raya dengan
29,9 juta dan 23,8 juta akun.
Dikutip dari PC Mag,
Kamis, 2 Februari 2012, hasil riset ini dilakukan terhadap 383 juta akun yang
dibuat sebelum tahun 2012, dengan memperhitungkan kriteria seperti lokasi yang
disebutkan dalam profil, zona waktu, bahasa yang digunakan saat mengirim tweet,
serta lokasi GPS. Selain dari segi jumlah akun, pengguna twitter di Indonesia juga lebih aktif dari rata-rata pengguna lain
di dunia. Selama 1 September hingga 30 November 2011, hanya 27 persen akun di
seluruh dunia yang 'nge-tweet' setidaknya satu kali dalam periode ini,
sementara di Indonesia mencapai 28 persen.
Berbagai hasil survei dan laporan
di atas tentu semakin mempertegas pesatnya perkembangan internet di Indonesia
dari waktu ke waktu, khususnya pada tahun naga ini. Pesatnya perkembangan
internet di tahun 2012 ini tentu memberikan peluang bisnis yang bagus bagi para
pengusaha, khususnya dalam hal bisnis online.
Di samping itu, pesatnya perkembangan internet di tahun ini juga membuka
peluang bagi perkembangan internet
marketing atau e-marketing di
Indonesia. Akan tetapi, semua peluang tersebut hanya akan menjadi buah bibir
atau omong kosong belaka jika tidak disertai dengan kerja nyata untuk
mentransformasikannya menjadi keuntungan yang menjanjikan.
Nah, apakah sudah terlintas di
benak kamu bagaimana cara memanfaatkan pesatnya perkembangan internet tersebut?
Jika sudah segeralah bertindak. Ingat “mimpi yang indah hanya akan menjadi mimpi
belaka, jika kamu tidak bangun dan mewujudkannya”. Namun, jika kamu
belum memiliki ide, jangan khawatir karena ide itu sebenarnya sangat banyak. Namun
apakah kamu mau dan mampu melihat ide tersebut?
Apabila kamu ingin lebih memahami
perkembangan internet di Indonesia, khususnya berkaitan dengan dunia marketing, kamu dapat mengunjungi blog ini.
Tidak menutup kemungkinan pula, kamu akan menemukan ide kreatif untuk memulai
usahamu dengan berbasis internet setelah membaca berbagai artikel di blog tersebut.
SEMANGAT TEMAN!
MARI KITA JADIKAN TAHUN 2012
SEBAGAI TAHUN BERINTERNET DENGAN BIJAK, CERDAS, DAN KREATIF!
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar